Daftar Menu Diet Sehat Sehari-Hari Secara Alami
Daftar Menu Diet Sehat Sehari-Hari Secara Alami

Daftar Menu Diet Sehat Sehari-Hari Secara Alami

Diposting pada

Kamus DokterDaftar Menu Diet Sehat Sehari-Hari Secara Alami –  Permasalahan berat badan yang berlebihan atau obesitas merupakan problem umum yang banyak dirasakan semua orang. Namun masalah umum ini juga seringkali menjadi problem yang sering meresahkan dan mengkhawatirkan. Tidak sedikit orang yang memiliki berat badan berlebihan akan melakukan diet agar terhindar dari obesitas.

Perlu diketahui, bahwa melakukan program diet dengan cara yang salah akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu, diet yang baik adalah diet yang dilakukan dengan cara yang sehat dan aman. Hal ini misalnya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak menjamin bisa menurunkan berat badan anda.

Dengan berat badan yang bertambah tidak hanya membuat seseorang minder tetapi juga membuat seseorang menjadi tidak sehat, sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membatasi jumlah makan yang akan dikonsumsi.

Terlebih lagi banyak orang yang menginginkan berat badannya turun dengan drastis dimana mereka menerapkan cara memakan suplemen – suplemen penurun berat badan diluaran sana yang belum tentu terjamin akan kandungan dan manfaatnya ke dalam tubuh kita. Atau mereka membeli produk produk penurun berat badan namun dalam takaran peng konsumsian yang salah sehingga bukan berat badan ideal yang didapatkan namun penyakit dan gangguan kesehatan yang mereka dapat.

5 Jenis Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

1. Diet vegan

Para pelaku diet sehat satu ini tidak mengonsumsi aneka makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, susu, keju, yoghurt, mayones, madu, dan aneka produk turunan lainnya. Beberapa pelaku diet vegan bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan atau menjaga kualitas kesehatan saja, mereka juga ingin menjaga lingkungan dengan menghindari konsumsi produk-produk hewani.

2. Diet Keto

Diet sehat ini dilakukan dengan cara mengonsumsi menu makanan diet sehat rendah karbohidrat atau bahkan tanpa karbohidrat sama sekali. Karena tidak adanya asupan karbohidrat, tubuh akan berada pada kondisi ketosis. Akibatnya, gula darah menjadi drop dan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Diet ini cocok dilakukan oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas.

3. Diet Mayo

Diet sehat ini dijalankan hanya dalam waktu dua minggu saja dan menawarkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. Pantangan diet ini hanyalah konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Selain itu, pelaku diet sehat ini juga harus mengimbangi dietnya dengan olahraga teratur dan minum air putih delapan gelas sehari.

4. Diet South-Beach

Jenis diet sehat satu ini bisa disebut juga dengan diet rendah karbohidrat termodifikasi. Diet sehat ini mengutamakan makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak sehat.

5. Diet Mediteranian

Sebagian besar makanan yang dikonsumsi oleh para pelaku diet sehat ini berupa tanaman seperti sayuran, buah-buahan, kentang, biji-bijan utuh, dan kacang kacangan. Mereka tetap mengonsumsi yoghurt, keju, susu, dan telur, namun dalam porsi kecil. Konsumsi ikan atau jenis seafood lainnya dilakukan dua kali seminggu. Konsumsi lemak sehat juga sangat dianjurkan dalam program diet sehat ini. Daging merah dan gula boleh tetap dikonsumsi namun hanya sesekali saja.

Berikut menu diet sehat 2000 kalori yang bisa Anda terapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Meski dinamakan menu diet sehat, lidah Anda masih bisa dimanjakan oleh variasi makanan ini.

  • Sarapan. Anda bisa mengisi perut Anda dengan mengonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak. Setelah itu, satu buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti dari biji-bijian utuh dengan olesan margarin dan selai jelly bisa Anda santap. Pilihan sarapan sehat lainnya yaitu oatmeal yang dicampur kismis dan dimasak dengan margarin. Untuk minumannya, Anda bisa menenggak jus jeruk (250 ml) dan susu tanpa lemak (120 ml).
  • Makan siang. Anda bisa membuat sandwich yang terdri dari roti dari biji-bijian utuh, ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard. Akhiri makan siang Anda dengan kentang rebus 200 gram.
  • Makan malam. Capcay tahu dengan sayuran dan paprika, semangkuk nasi merah dan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml. Variasi makan malam lainnya yang bisa Anda coba yaitu 140 gram salmon panggang ditaburi daun seledri, bawang, dan remah-remah roti. Sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kukus, dan kacang almond. Akhiri makan malam dengan susu tanpa lemak (250 ml).
  • Camilan. Contoh camilan yang bisa Anda konsumsi tiap hari terdiri dari 245 gram yogurt rendah lemak dicampur buah-buahan.

Mungkin sekian paparan mengenai menu diet sehat menurunkan berat badan. Perlu diingat bahwa meskipun diet merupakan program penurunan berat badan, namun sebenarnya diet ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda erta membentuk tubuh menjadi ideal.

Dengan demikian, dengan adanya menu di atas yang aman dan kaya akan manfaat, diharapkan bisa membantu anda dalam menjalankan program diet yang sehat. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan bermanfaat bagi menjaga kesehatan tubuh anda, sehingga program diet anda bisa berjalan dengan berhasil dan lancar.

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *