8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Diposting pada

Kamus Dokter8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami – Kotoran yang sering muncul pada gigi adalah karang gigi dan plak. Keduanya ini pasti akan sering ditemukan pada gigi semua orang. Meskipun sering muncul dan menempel, namun keduanya sulit dibersihkan, terutama karang gigi. Ketika anda mengkonsumsi makanan maka seiring berjalannya waktu sisa makanan yang ada di gigi akan menjadi kerak yang ada pada gigi.

Mungkinkah anda pernah mencium bau mulut? atau anda pernah mengalaminya sendiri? Naahh bau mulit ini ternyata diakibatkan oleh karang yang mengeras pada gigi. Sehingga kesehatan gigi dan mulut anda menjadi terganggu. Apalagi jika anda jarang membersihkan atau menggosok gigi dan mulut, baik sebelum dan sesudah anda tidur.

Cara membersihkan dan menghilangkan karang gigi ini memang merupakan hal yang agak sulit karena sejumlah faktor yang mengganggu kesehatan gigi sehingga karang gigi susah untuk dibersihkan. Namun anda anda tidak perlu khawatir kalau karang gigi sulit untuk dihilangkan, karena masih ada sejumlah cara yang alami dan juga sehat dan aman bagi kesehatan mulut dan gigi pastinya.

Berikut ini 8 cara menghilangkan karang gigi secara alami…

1. Mengkonsumsi Buah Apel

Apel merupakan buah yang mudah ditemu, dan biasanya tersedia di meja makan. Buah Apel memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan bagus untuk Anda yang sedang diet. Namun, apel memiliki manfaat yang lain yaitu dapat menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Apel mengandung zat yang sewaktu dikunyah atau dimakan akan mengurangi karang gigi Anda. Konsumsilah apel secara rutin maksimal satu buah apel setiap harinya.

2. Strawberry dan tomat

Baik strawberry maupun tomat merupakan sumber vitamin C, yang mana antioksidan ini baik untuk kesehatan rongga mulut. Anda tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda untuk menghapus plak, sehingga gigi bisa tampil lebih putih.

Kalau tak ada strawberry atau tomat, Anda juga bisa menggantinya dengan berry, paprika, lemon, pepaya, jambu biji, atau jeruk-jerukan. Anda juga dapat menggosok-gosokkan kulit jeruk ke gigi sebelum tidur, dan tak perlu dibilas. Kulit jeruk dapat membantu melawan bakteri.

3. Kulit Jeruk

Saat Anda memakan jeruk, jangan langsung buah kulitnya karena kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaatnya. Selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit, ternyata kulit jeruk juga dapat mengurangi karang gigi loh. Pertama, Anda harus membersihkan gigi terlebih dahulu dengan cara berkumur atau dengan cara menyikat gigi. Setelah itu, ambillah potongan kulit jeruk. Lalu tempelkanlah kulit jeruk bagian dalam ke darah gigi yang berkarang menjelang tidur dan agak digosok perlahan. Lakukanlah cara ini secara rutin unk hasil yang maksimal.

4. Campuran Baking Soda dan Garam

Baking soda dibutuhkan untuk mengembangkan roti agar empuk namun selain itu manfaat lain baking soda juga terbukti untuk memutihkan gigi, namun apabila dipadukan dengan garam dapat mengatasi plak ataupun karang gigi. Campuran kedua bahan ini dapat berguna untuk mengurangi karang gig yang sudah mengeras. Caranya cukup mudah dengan cara mencelupkan sikat gigi Anda ke dalam campuran baking soda dan garam. Lalu, gosokkan pada gigi yang berkarang hingga bersih dan jika sudah selesai berkumur – kumurlah.

5. Kunyahlah biji wijen

Cara membersihkan karang gigi secara alami berikutnya adalah dengan mengunyah segenggam biji wijen, namun jangan menelannya. Gosok gigi dengan sikat kering saat biji wijen masih berada dalam mulut. Biarkan biji tersebut bertindak sebagai scrub alami.

6. Menggosok gigi secara rutin

Cara menghilangkan plak pada gigi yang paling utama yaitu dengan menggosok gigi secara rutin. Lakukan gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Anda juga dapat menggosok gigi setiap selesai makan. Dengan menggosok gigi secara rutin maka Anda dapat membersihkan sisa-sisa makanan di rongga mulut sehingga tidak menumpuk menjadi plak. Gunakanlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride karena berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengurangi plak pada gigi.

Dalam memilih sikat sebaiknya Anda memilih sikat gigi yang agak kasar supaya lebih mudah dalam membersihkan plak. Selain itu dalam menggosok gigi, Anda harus melakukannya dengan benar. Menggosok gigi yang benar yaitu dengan cara seperti membentuk bulatan kecil dari bawah ke atas, bukan dari kiri ke kanan seperti menggosok pakaian. Jangan lupa untuk mengarahkan sikat gigi sampai ke setiap sela-sela gigi.

7. Cengkeh

Adalah bahan selanjutnya yang mempunyai bisa anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter. Hal ini biasa dilakukan oleh orang tua dengan mengunyah cengkeh, bersama dengan daun sirih untuk membersihkan gigi mereka. Juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

8. Gunakan Kulit Jeruk

Salah satu cara mudah membersihkan karang gigi sendiri adalah dengan mengusapkan kulit jeruk langsung pada gigi yang bermasalah. Namun, jangan langsung kumur-kumur dan dibersihkan. Biarkan semalaman selama anda tidur, dan baru berkumur-kumur. Kandungan yang ada dalam kulit jeruk ini dapat memerangi mikro-organisme pada gigi, dan mematikan bakteri penyebab bau mulut dan karang gigi.

Mungkin sekian artikel mengenai 8 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengerasPerlu diketahui, bahwa anda harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Karena jika gigi anda terkena karang yang mengeras dan gigi yang menguning, maka akan mengakibatkan mulut anda menjadi bau.

Yang paling buruk, jika karang gigi tersebut dibiarkan, maka hal ini bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit lainnya yang lebih parah, baik itu pada gigi, mulut, dan gusi anda. Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi kesehatan gigi anda.

Terima kasih telah membaca dan mengunjungi artikel kami. Semoga anda menjadi pengunjung setia situs kami…

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *