8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah
8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

Diposting pada

Kamus Dokter8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah – Siapa yang senang punya bekas luka di wajah? Mungkin semua orang akan merasa risih dan terganggu jika penampilan wajahnya memiliki flek hitam atau bekas luka. Apalagi jika bekas luka tersebut berukuran cukup besar dan posisi lukanya yang mencolok.

Bekas luka ini biasanya akan bermula dari infeksi luka pada wajah, atau bisa juga karena kecelakaan misalnya terbakar dan jatuh dari kendaraan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, meskipun bekas tersebut akan memudar dari hari ke hari, namun hal ini perlu segera diobati terutama dengan bantuan pengobatan alami agar aman dan tanpa efek samping. Pengobatan ini sebagai salah satu upaya agar bekas luka anda bisa memudar atau bahkan hilang dengan cepat sehingga penampilan anda tidak merasa terganggu.

Selian itu, hal yang paling ditakutkan adalah munculnya jaringan parut. Jaringan ini seringkali muncul pada sejumlah jenis luka termasuk pada wajah. Namun tidak usah khawatir, karena jaringan parut ini biasanya muncul sebagai proses penyembuhan luka yang alami pada tubuh manusia.

Naaahhh berikut ini 8 cara menghilangkan bekas luka pada wajah….

1. Minyak zaitun

Jika dirumah nggak ada madu, kamu bisa mencoba memakai minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit, termasuk salah satunya dapat menghilangkan bekas luka lama.

Bahkan jika digunakan rutin minyak zaitun berkhasiat menjaga kulit tetap awet muda. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, kamu bisa membelinya di supermarket terdekat.
  • Setiap selesai mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam agar meresap.
  • Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin E dan juga asam amino yang bisa memperbaiki jaringan parut seperti bekas luka pada wajah. Namun selalu pastikan untuk menggunakan lidah buaya yang tidak bergetah, agar kulit tidak gatal atau bahkan meradang. Ambil sepotong lidah buaya, lalu belah menjadi 2 bagian hingga gelnya terlihat.

Diamkan sebentar dan singkirkan getahnya (yang berwarna hijau) dengan menggunakan sendok / pisau. Oleskan gel pada bagian bekas luka secara perlahan, lalu pijat ringan dengan gerakan melingkar, agar gel meresap dengan sempurna. Oleskan kembali, dan diamkan hingga mengering. Basuh wajah dengan air bersih, ulangi langkah ini setiap hari hingga bekas luka pudar.

3. Lemon

Buah yang kaya akan vitamin C ini memiliki efek mencerahkan kulit dan juga meregenerasi kulit baru. Gunakan lemon sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas luka, sebab prosesnya terbilang cepat dan sangat mudah untuk dilakukan. Ambil satu buah lemon, potong menjadi 2 bagian dan oleskan pada bagian wajah yang memiliki bekas luka.

Lakukan perlahan, agar wajah tidak terluka dan memerah. Pijat lembut kulit yang telah diolesi lemon tersebut, sehingga sari lemon meresap dengan baik pada kulit. Lakukan cara ini 4-5 kali dalam seminggu, agar bekas luka segera pudar.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis selain untuk menambah kesegaran di kuah soto, ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bekas juga loh. Bagaimana caranya? Nah, siapkan dan belahlah jeruk nipis, lalu gosokkan pada permukaan kulit yang terdapat bekas luka. Memang terasa pedih, tapi apabila sobat melakukannya secara rutin perlahan bekas luka akan memudar.

Jeruk nipis juga bisa kita gunakan untuk mencerahkan wajah secara alami, kalau wajah kita udah mulus nggak ada bekas lukanya udah gitu putih sempurnalah sudah.

5. Mentimun

Bukan hanya mendinginkan kulit saja, mentimun juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Gunakan mentimun sebagai masker wajah, agar bisa membantu untuk memudarkan bekas luka tersebut dengan cepat. Ambil satu buah mentimun segar, cuci dan blender hingga halus.

Tidak perlu menambahkan air, sebab buah yang satu ini mengandung banyak sekali air. Ambil pasta mentimun tersebut dan terapkan pada seluruh bagian wajah, termasuk bekas luka. Jika digunakan secara teratur, masker ini efektif utuk menyamarkan bekas luka dan meregenerasi kulit wajah menjadi lebih segar dan kenyal.

6. Madu

Madu sering digunakan sebagai bahan alami untuk pelembab kulit. Selain itu madu asli yang belum melalui banyak proses pengolahan juga efektif untuk menghilangkan bekas luka dan mambantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit.

Cara mengilangkan bekas luka dengan madu :

  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan baking soda
  • Sediakan handuk dan air panas
  • Celupkan handuk tersebut kedalam air panas tersebut.
  • Diamkan handuk tersebut hingga tidak terlalu panas
  • Letakan handuk tersebut pada area bekas bekas luka selama 3 menit.
  • Setelah itu, gunakan campuran madu dan baking soda tadi sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit pada pada bekas luka.

7. Beras Kencur

Ternyata beras dan kencur atau beras kencur memiliki manfaat juga untuk perawatan kulit dalam hal ini untuk menghilangkan bekas luka lama yang hitam. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka hitam dengan beras kencur ini, yuk kita mulai. Caranya bisa dibilang cukup mudah, dan murah tentunya.

Rendam beras secukupnya ke dalam air selama 15 sampai 20 menit, tiriskan kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian ambil bahan lain, yaitu kencur beberapa siung saja. Anda bisa pakai 2 atau 3 siung kencur, lalu tumbuk hingga hancur dan lembut. Campurkan kedua bahan tersebut dengan menambahkan sedikit air hingga menjadi bubur atau pasta. Oleskan pada bekas luka yang hitam di wajah Anda dan diamkan beberapa menit hingga kering.

Setelah kering, Bilas menggunakan air hangat dan selesai. Dengan menggunakannya akan cepat menghilangkan bekas luka hitam pada wajah Anda. Biar maksimal, gunakan ramuan beras kencur ini pada pagi hari setelah bangun tidur. Pada malam hari sebaiknya oleskan madu atau minyak zaitun pada bekas luka hitamnya, maka tak akan lama bekas luka yang hitam hilang dan kulit kembali bersih seperti semula.

8. Buah Mengkudu

Buah mengkudu adalah jenis buah yang sudah tak asing dalam dunia pengobatan herbal karena mempunyai banyak khasiat seperti obat anti kanker dan penyakit lainnya. Siapa sangka ternyata buah mengkudu juga dapat diolah menjadi ramuan tradisional sebagai cara alami menghilangkan bekas luka di wajah. Caranya:

  • Ambil buah mengkudu segar, cuci bersih dan potong-potong kemudian dilumatkan dengan blender.
  • Tambahkan sedikit air agar ramuan lebih mudah menjadi halus
  • Ramuan siap digunakan untuk dioleskan pada bekas luka pada wajah
  • Diamkan hingga ramuan mengering lalu bilas wajah dengan air seperti biasa.

Mungkin itulah 8 cara menghilangkan bekas luka hitam  di wajah. Bagaimana pengobatan alami di atas mudah kan? Apakah anda ingin mencobanya? Cara-cara pengobatan di atas merupakan pengobatan alami yang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama. Sehingga lewat pengobatan alami ini, anda harus melakukannya dengan sabar dan usaha yang maksimal serta teratur.

Lewat pengobatan tradisional ini, anda mungkin akan merasakan bahwa efek dari buah-buahan di atas akan lambat. Namun yang paling penting adalah pengobatan di atas tidak akan menimbulkan efek samping daripada lewat pengobatan kimia.

Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda terutama bagi yang mempunyai bekas luka pada wajahnya. Semoga bekas luka pada wajah anda cepet sembuh. Dan bila terjadi sesuatu di luar kendali, maka segera kunjungi dan periksa ke dokter spesialis terdekat. Terima Kasih….

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *