7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut
7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

7 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Diposting pada

Kamus Dokter7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut – Merawat rambut merupakan hobi sehari-hari setiap perempuan. Mungkin sebagian pria juga adakalanya akan memperhatikan rambut mereka. Karena bagi mereka, penampilan juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebagai mahkota yang berharga.

Namun tentu merawat rambut agar tetap sehat dan hitam, perlu dilakukan sejumlah perawatan yang cukup intens dan teratur. Salah satu caranya anda bisa menggunakan minyak kelapa.

Namun minyak kelapa ini sudah lama ditinggalkan oleh perempuan masa kini. Padahal, minyak kelapa punya nutrisi penting yang membuat rambut menjadi sehat dan berkilau, bahkan tumbuh lebat.

Minyak kelapa, yang memang sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah tropis, punya khasiat melembabkan. Karena daya kerjanya sangat efektif, minyak kelapa murni (virgin coconut oil) kini digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut dan spa. Menarik, bukan? Ketika kita sudah meninggalkan kebiasaan ini, produsen perawatan rambut justru memproduksinya secara massal.

Seperti produk perawatan rambut yang dibuat dari minyak kelapa yang sudah dicampur dengan bahan lain. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kepala untuk rambut:

1. Melembutkan Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama yaitu bisa membantu melembutkan rambut.Rawatan minyak kelapa ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki masalah rambut kering dan berantakan. Anda bisa menggunakan minyak kelapa ini dengan cara mengoleskanya pada rambut dimulai dari bagian tengah dan kemudian dilanjutkan pada bagian bawah. Dengan cara perawatan minyak kelapa ini akan membuat rambut Anda lembut dan mudah diatur.

2. Mengatasi rambut keriting

Rambut keriting bisa disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada rambut anda sehingga mengakibatkan rambut cenderung akan kering. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa mencoba mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut. Setelah dipakaikan minyak kelapa, rambut anda akan lebih lembut dan minyak alami pada rambut bisa sedikit tergantikan. Dengan begini rambut akan mudah diatur.

3. Mengatasi Rambut Kering

Salah satu penyebab rambut keriting adalah kurangnya kelembapan pada rambut sehingga mengakibatkan rambut kusut dan kering. Masalah rambut keriting tersebut bisa diatasi dengan minyak kelapa. Inilah manfaat minyak kelapa untuk rambut yang masih jarang diketahui oleh sebagian orang. Cara untuk mengaplikasikan minyak kelapa ini cukup sederhana, yaitu cukup dengan mengoleskanya pada rambut dimulai dari bagian tengah. Lakukan perawatan ini rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Sifat anti jamur dan antibakteri yang dimiliki oleh minyak kelapa menjadikan kesehatan kulit kepala anda tetap terjaga. Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat yang muncul di kulit kepala anda. Kandungan asam kaprat pada minyak ini juga dapat membantu menjauhkan ketombe. Sehingga pertumbuhan rambut bisa berjalan dengan baik.

5. Mengatasi Rambut Bercabang

Selain bisa melembutkan dan mengatasi rambut keriting, manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah bisa untuk mengatasi rambut bercabang. Minyak kelapa ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki permasalahan rambut bercabang. Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh terlalu sering mewarnai rambut atau juga bisa disebabkan karena terlalu sering mencatok rambut.

Untuk mengatasi rambut bercabang ini biasanya wanita akan memotong secara terus menerus rambut cabang tersebut. Padahal dengan cara tersebut justru tidak akan mengatasinya, namun justru akan semakin rusak.
Oleh karena itu anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai solusinya. Caranya juga tidak terlalu sulit, Anda cukup mengoleskanya pada bagian rambut yang bercabang atau rusak saja.

6. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang ampuh adalah membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut selain harus ada nutrisi dari dalam pun juga harus dibantu dengan perawatan dari luar. Seperti dengan minyak kelapa yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Perawatan seperti ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki rambut tipis atau tidak tumbuh panjang. Caranya yaitu cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit kepala disertai dengan memijat pelan. Jika cara ini rutin dilakukan hasilnya akan lebih maksimal meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

7. Menghilangkan Ketombe

Kandungan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi udara pada kulit kepala anda. Dengan rajin menggunakan minyak kelapa pada kulit kepala dan disertai pijatan, maka memperlancar pertumbuhan rambut baru serta membuat kulit kepala bebas dari kotoran dan bisa menghilangkan ketombe.

Setelah itu bungkus dengan handuk dan tunggu sampai semalaman. Anda bisa membilas dengan air bersih pada waktu pagi hari.

Berikut cara memproses minyak kelapa utuk rambut:

  1. Siapkan 3-5 sendok makan minyak kelapa ke dalam mangkuk microwave. Gunakan minyak kelapa murni bukan yang olahan.
  2. Panaskan minyak kelapa dalam microwave.
  3. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda.
  4. Tutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap.
  5. Tunggu minimal 2 jam atau semalam agar minyak meresap dengan sempurna.

Mungkin itulah 7 manfaat minyak kelapa untuk rambut. Perlu diingat bahwa minyak kelapa ini ebenarnya merupakan salah satu obat rambut yang efektif sejak zaman dulu. Minyak ini dipercaya bisa manjur dan bekerja dalam semua permasalahan rambut. Selain itu, minyak ini juga dikatakan bisa lebih baik dan lebih menyehatkan daripada obat perawatan lainnya yang beredar di pasaran.

Karena minyak kelapa ini merupakan obat yang alami tanpa adanya campuran alkohol, ssilikon, serta bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan rambut. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menjaga dan merawat rambut kesayangan anda…

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *