6 Obat Batuk Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh
6 Obat Batuk Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh

6 Obat Batuk Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh

Diposting pada

Kamus Dokter6 Obat Batuk Tradisional Untuk Dewasa Paling Ampuh – Siapa yang belum pernah mengalami batuk? Semua orang pasti pernah merasakannya. Batuk ini bukanlah suatu penyakit melainkan batuk ini merupakan suatu respon dari sistem pertahanan tubuh. Hal ini terjadi jika masuknya benda asing seperti makanan, asap, debu, lendir dan lain-lain pada saluran pernapasan.

Batuk ini terbagi ke dalam dua macam; ada batuk berdahak dan ada juga batuk kering. Selain dengan obat kimia, cara mengobatinya pun bisa dilakukan dengan cara tradisional. Kelebihan menggunakan obat ini adalah keamanannya dalam mengobati dan terkadang tanpa ada efek samping serta tidak ketergantungan.

Namun selain kedua macam di atas. ada juga batuk yang disertai flue. Terkadang batuk juga disertai dengan gejala lain seperti sariawan, radang tenggorokan, kepala pusing, demam dan beberapa gejala lain. Apapun jenis batuknya harus segera disembuhkan.

Berikut ini 6 macam obat batuk tradisional yang paling ampuh untuk dewasa….

1. Jahe

Tanaman jahe memiliki kandungan zat anti bakteri yang baik untuk tubuh. Selain bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati batuk berdahak. Bila kamu terkena batuk berdahak bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi jahe dengan cara dibuat minuman seperti wedang jahe.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mengupas jahe lalu di geprek hingga gepeng. Setelah itu rebus jahe tadi dengan air campur sedikit gula merah lalu minum selagi hangat. Minumlah dua sampai tiga kali sehari.

2. Daun sirih

Ternyata daun sirih tidak hanya baik buat wanita loe, tetapi juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit batuk. Bagi kamu yang memiliki mobilitas yang tinggi tentu akan sangat terganggu dengan batuk sehingga tidak bisa menjalani semua aktivitas dengan normal.

Daun sirih secukupnya direbus dengan dicampur potongan jahe. Lalu air rebusan tersebut diminum sehari sekali agar tubuh tetap hangat dan juga sehat.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang juga cukup manjur sebagai obat batuk kering.

Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Ambil 1 – 2 buah jeruk nipis yang banyak airnya atau hampir matang
  • Belah menjadi beberapa bagian kemudian peras airnya
  • Air perasan jeruk nipis disaring, lalu dicampurkan dengan kecap
  • Kalau tidak suka kecap, boleh juga ditambah madu atau digantikan dengan madu
  • Lalu air perasan jeruk nipis + kecap atau jeruk nipis + madu, diminum secara teratur minimal 2 x sehari sampai batuk kering mereda dan sembuh.

4. Kunyit

Obat batuk berdahak tradisional selanjutnya adalah dengan kunyit, rimpang yang sudah sangat tidak asing bagi orang Indonesia. Membuat obat herbal untuk batuk sengan kunyitadalah dengan menumbuk kunyit yang telah dibersihkan, lalu campurkan dengan madu ke dalam segelas susu. Minum ramuan kunyit cukup efektif dalam mengatasi batuk berdahak secara alami.

5. Lemon

Buah lemon tentu berbeda dengan jeruk nipis, tetapi keduanya ini memiliki manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba ramuan alami yang cukup unik ini dengan cara mengkonsumsinya. Barikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan 1 buah lemon, lalu belah menjadi dua bagian atah Anda mengirisnya sesuka hati Anda.
  • Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan juga garam.
  • Cara untuk mengkonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga cairannya pada tiap irisan menjadi berkurang.

6. Daun Kemangi

Obat batuk berdahak tradisional dalam daftar yang terakhir adalah dengan bantuan daun kemangi. Tumbuhan dengan bau yang khas ini membantu melegakan tenggorokan yang disebabkan oleh dahak. Cara membuat ramuan daun kemangi untuk batuk berdahak cukup mudah. Ambil 2-3 daun kemangi rebus dengan 1-2 gelas air putih. Minum ramuan tersebut selagi hangat agar tenggorokan terasa lebih lega dan batuk berdahak akan lekas sembuh.

Mungkin itulah 6 macam obat batuk tradisional untuk dewasa atau obat batuk pilek dewasa. Perlu diketahui, jika anda mengalami gejala awal dari batuk tersebut, maka segeralah perbanyak meminum air putih untuk menghindari hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Selain itu, anda juga bisa berkumur-kumur dengan air garam dalam air hangat. Yang terpenting, anda harus memastikan bahwa hidung anda bersih dari lendir dan tidak mampet. Sehingga batuk anda bisa teratasi di gejala awal dan tidak sampai pada gejala lebih lanjut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami batuk. Semoga batuk anda bisa segera sembuh. Silahkan anda coba salah satu cara dari obat tradisional di atas dengan baik dan teratur. Selamat mencoba dan semoga cepet sembuh….

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *