10 Penyabab Dada Sebalah Kanan Sakit
10 Penyabab Dada Sebalah Kanan Sakit

10 Penyabab Dada Sebalah Kanan Sakit

Diposting pada

Kamus Dokter10 Penyabab Dada Sebalah Kanan Sakit – Semua orang mungkin akan khawatir ketika adanya sakit pada dada, terutama jika sakit itu terletak pada dada sebelah kanan. Tidak ssedikit orang akan berpikir bahwa sakit dada sebelah kanan adalah sakit jantung atau serangan jantung. Karena keluhan ini sebenarnya sering ditandai sebagai gejala sakit jantung. Benarkah demikian?

Namun perlu diketahui bahwa sakit dada sebelah kanan belum berarti bahwa sakit ini adalah gejala sakit jantung. Karena ternyata tidak sedikit faktor-faktor pemicu munculnya nyeri pada dada sebelah kanan. Jadi, tidak semua sakit ini berasal dari adanya gangguan pada jantung anda.

Namun meskipun begitu, anda perlu waspada jika anda mengalami nyeri pada dada terutama dada sebelah kanan. Sebab munculnya rasa sakit dada sebelah kanan secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan bisa jadi tanda dan gejala penyakit serius dalam tubuh anda. Anda harus mengetahui faktor apa saja yang menjadi pemicu munculnya masalah ini serta bagaimana cara untuk menyembuhkan sakit pada dada tersebut.

Nyeri dada karena kelainan jantung diakibatkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan pasokan oksigen ke otot jantung. Sensasi nyeri dada akibat penyakit jantung koroner bisa bermacam-macam. Biasanya berupa rasa tertindih beban berat, rasa dicengkeram, mual atau enek, rasa panas terbakar, atau rasa tercekik di leher.

Berikut 10 penyebab yang bisa saja terjadi bila dada bagian kanan terasa sakit:

1. Infeksi virus

Infeksi virus penyebab flu dan batuk bisa bertanggung jawab terhadap timbulnya rasa sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan melakukan pernapasan panjang.

2. Tersedak makanan

Kerongkongan, pipa yang menghubungkan mulut dengan organ sistem pencernaan, berukuran sangat kecil dan mudah untuk terblokir, menyebabkan rasa sakit yang kadang mungkin membutuhkan perhatian medis.

3. Stres

Stres dapat memperburuk gangguan saluran pencernaan seseorang. Jika saluran cerna terganggu maka bisa memicu rasa sakit pada dada bagian kanan.

4. Anemia

Anemia adalah salah satu penyebab nyeri dada paling umum yang diderita oleh ibu hamil. Anemia dapat menyebabkan rasa sakit, kesulitan bernapas, dan kelelahan. Hal ini lebih umum di negara-negara dunia ketiga di mana ibu tidak menerima perawatan prenatal yang memadai.

5. Olahraga berlebihan

Olahraga atau kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan. Sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan kian memburuk saat otot dada kanan digerakkan.

6. Peradangan pada selaput dada

Peradangan pleura atau selaput dada merupakan diantaranya permasalahan kesehatan yang dapat menyebabkan sakit di dada sebelah kanan. Itu terjadi terutama saat mengambil napas yang panjang, batuk-batuk dan lainnya. Penggunaan obat penghilang rasa sakit, anti inflamasi dan anti bakteri sering di rekomendasikan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini.

7. Masalah paru

Masalah paru yang bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan antara lain adalah pneumonia atau infeksi jaringan paru dan pleuritis atau radang selaput paru.

Ada juga pneumothorax, yaitu kondisi paru yang kempis oleh karena trauma luar sehingga tekanan udara di dalam paru-paru, serta pernapasan terganggu. Embolisme atau penyumbatan pembuluh darah di paru-paru juga bisa membuat dada sebelah kanan terasa nyeri.

8. Hepatitis

Peradangan pada hati atau hepatitis juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang bertanggung jawab terhadap munculnya sakit dada sebelah kanan. Letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan adalah penyebab kenapa dada bagian kanan terasa sakit saat hati mengalami masalah serius.

9. Cedera

Cedera pada tulang, otot, dan syaraf juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Tulang iga kanan yang patah akan menyebabkan dada sebelah kanan sakit, terutama saat bernapas dan batuk. Otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan juga bisa mengalami cedera, karena batuk yang terlalu keras atau pergerakan sehingga menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

10. Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Misalnya saja GERD atau refluks asam yang bisa menyebabkan nyeri dan perih di dada bagian kanan karena kerongkongan dan jantung berbagi jaringan syaraf yang sama.

Mungkin itulah 10 penyebab dada sebelah kanan sakit. Karena anda tidak bisa mendiagnosis oleh sendiri, maka kapan anda harus periksa masalah ini ke dokter? Anda harus pergi ke dokter ketika masalah ini timbul dengan tiba-tiba terutama jika sakit dada ini sering muncul berulang-ulang.

Biasanya ketika masalah ini muncul, anda akan mengalami berbagai gejala, seperti sesak atau kesulitan bernapas, detak jantung tidak beraturan, kulit memucat, nyeri yang tidak mereda, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memberikan wawasan kesehatan, sehingga anda bisa selalu waspada dalam menjaga berbagai masalah dalam tubuh anda.

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *