8 Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Secara Alami

Diposting pada

Kamus DokterCara Menghilangkan Mual Saat Hamil – Rasa mual saat hamil atau yang dikenal dengan istilah morning sickness merupakan keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Namun kalau keluhan yang biasanya disertai dengan muntah yang berlebihan pada ibu hamil dikenal dengan istilah hiperemesis gravidarum dan merupakan keluhan yang umum terjadi pada kebanyakan wanita hamil.

Hiperemesis gravidarum ini merupakan rasa mual yang berlebihan pada ibu hamil sehingga bisa menyebabkan perburukan karena bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada saat hamil. Selain itu, morning sickness adalah keluhan yang umum terjadi dan biasa terjadi sekitar umu kehamilan menginjak minggu ke-5 dan ke-6 dan akan mengalami puncaknya sekitar minggu ke 8 atau ke 9 dari masa kehamilan.

Kondisi mual ini biasanya akan membaik ketika masa kehamilah menginjak minggu ke-16 sampai minggu ke-18. Meskipun belum ada informasi tentang penyebab dari rasa mual ini, namun rasa mual ini bisa disebabkan oleh kondisi perubahan hormon saat masa kehamilan.

Gejala morning sickness memang akan sangat tidak menyenangkan dan dapat mengganggu aktivitas rutin harian Anda. Namun, selama Anda cukup mengonsumsi air putih dan tidak kehilangan berat badan, kesehatan Anda dan bayi Anda tidak akan terganggu.

Berikut ini merupakan 8 cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi rasa mual selama masa kehamilan:

1. Makan dengan Porsi Sedikit Namun Sering

Saat Anda mual karena mengidam, kadang hal terakhir yang Anda inginkan adalah makan. Tetapi, makan itu penting supaya tubuh Anda mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Usahakan supaya perut Anda tidak kosong dengan cara makan makanan dalam jumlah sedikit tetapi sering.
Anda juga harus mencoba makan lebih lambat dari biasanya untuk menghindari kelebihan makan, yang akan membuat perasaan Anda semakin tidak enak.

2. Makan Makanan Kaya Protein

Makanlah makanan yang kaya akan protein dan juga kaya akan vitamin B, seperti kacang-kacangan. Usahakan untuk menghindari nasi, makanan pedas, makanan asam, makanan yang banyak mengandung lemak, ataupun makanan yang digoreng. Makanlah biskuit atau snack kaya protein lainnya sebelum Anda turun dari tempat tidur. Kemudian, di saat sarapan, makanlah buah-buahan. Kandungan potassium dari buah-buahan tersebut dapat mencegah Anda merasa mual. Sedangkan, di malam hari, coba makan sesuatu yang kaya akan protein sebelum Anda tidur. Hal ini akan membantu Anda menjaga level glukosa dalam darah Anda.

3. Minum yang Banyak

Sangat penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi, terutama jika Anda kerap kali merasa mual. Bila Anda dehidrasi, Anda akan makin merasakan mual. Minumlah air sepanjang hari, gunakan sedotan untuk membantu. Tetapi cobalah menahan diri untuk tidak minum 30 menit sebelum atau sesudah makan.

Anda harus berusaha minum sekitar 6 sampai 8 gelas air sehari. Tetapi, bila Anda terlalu sering merasakan mual dan muntah, Jika Anda merasa sulit untuk minum air putih, coba campurkan dengan madu atau cuka apel. Meskipun begitu, hindari minum terlalu banyak. Cairan dapat memberikan perasaan kenyang yang palsu sehingga Anda tidak begitu merasa lapar sepanjang hari itu.

4. Istirahat yang Cukup

Stres dan lelah yang sering terjadi di masa kehamilan, dapat membuat rasa mual Anda semakin parah. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Pastikan Anda tidur dalam waktu yang cukup dan matikan lampu atau pakai sleep-mask untuk sebisa mungkin menghindari cahaya yang masuk agar tidur Anda berkualitas. Selain itu, penggunaan bantal khusus wanita hamil juga akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Di saat siang hari, sempatkanlah untuk tidur siang selama beberapa menit. Gunakan Bantal untuk ibu hamil untuk membantu tidur anda lebih nyenyak.

5. Konsumsi Jahe

Jahe telah diketahui selama puluhan tahun dapat secara alami meringankan perut Anda, dan sama halnya dengan rasa mual yang Anda alami. Minumlah minuman jahe atau buatlah teh jahe untuk meringankan perut Anda. Selain itu, snack jahe seperti biskuit jahe juga akan dapat membantu Anda mengatasi rasa mual yang Anda alami.

6. Hindari makanan dan bau yang memicu perasaan mual

Coba berjalanlah sebentar di pagi hari dan hirup udara segar di luar rumah. Hal ini akan sangat membantu Anda menghilangkan rasa mual yang Anda derita. Hindari makanan dan bau yang memicu perasaan mual. Setelah beberapa lama, Anda akan mulai memperhatikan bahwa makanan dan bau tertentu akan membuat Anda mual. Mungkin saja itu adalah pizza, bacon atau apa saja. Begitu Anda mengetahui pemicu mual, Anda bisa mengambil langkah untuk menghindarinya. Untuk mengidentifikasi pemicu rasa mual, coba buat catatan kapan dan mengapa Anda merasa mual setiap harinya.

7.  Pahami keinginan Anda.

Turuti Anda ngidam apa, terutama jika bisa membuat Anda lebih baik. Bila Anda ngidam ingin makanan tertentu, mungkin tubuh Anda sedang memberitahu sesuatu yang Anda butuhkan. Misalnya Anda ngidam produk susu, mungkin Anda membutuhkan kalsium. Bila Anda ngidam selai kacang, mungkin Anda butuh protein atau tambahan kalori

8. Konsumsi buah-buahan dingin

Buah-buahan sangat baik bagi kesehatan anda dan janin dalam perut, karena mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Selain itu, buah-buahan yang dingin juga dapat menghilangkan rasa mual saat hamil. Simpanlah buah-buahan segar di dalam lemari es agar tetap dingin. Nah, jika anda merasa mual secara tiba-tiba maka cobalah untuk memakan buah-buahan yang dingin. Yang harus diingat adalah jangan sampai anda makan buah-buahan yang dilarang saat hamil, seperti nanas, anggur, pepaya, durian, dan lain-lain. Konsumsilah buah lain yang aman, misalnya jeruk, mangga, apel agar janin anda tetap sehat.

Mungkin itulah 8 cara menghilangkan mual saat hamil. Perlu diingat, meskipun rasa mual saat hamil adalah hal yang wajar, namun setidaknya hal ini bisa dikurangi dengan 8 tips di atas. Selain itu, jika anda muntah atau mual lebih dari empat kali dalam sehari, dan jika anda memuntahkan darah maka segera hubungi dokter spesialis terdekat.

Rasa mual ini memang sering menyebabkan ibu hamil menjadi malas dan lemas, dan menghalangi anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi. Oleh karena itu, untuk mengatasainya, anda harus berusaha untuk melakukan beberapa cara di atas agar anda terhindar dari rasa mual. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan baru bagi anda. Semoga anda dan bayi anda tetap sehat.

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *