8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Diposting pada

Kamus DokterMengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil – Bengkak pada kaki dikenal dengan istilah Edema. Selama masa kehamilah, edema ini merupakan kondisi yang wajar terjadi. Biasanya hal ini akan terjadi ketika usia kehamilan berumur 5 bulan. Kaki bengkak ini terjadi karena tubuh ibu hamil memproduksi 50% lebih banyak cairan dan darah karena perkembangan tubuh sebagai pemenuhan kebutuhan sang bayi.

Lalu apakah edema atau kaki bengkak ini berbahaya bagi ubu hamil? Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil?

Membesarnya rahim juga bisa menekan aliran pembuluh darah, sehingga hal ini akan mengganggu kembalinya darah ke jantung. Pada selanjutnya, hal ini juga akan mengakibatkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Perubahan hormon mungkin juga berperan menciptakan kondisi ini. Yang paling sering terjadi memang pembengkakan pada sekitar kaki, namun bisa juga terjadi didaerah wajah.

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 8 bulan atau hamil 9 bulan secara aman. Kehamilan adalah proses cukup panjang yang membutuhkan perjuangan. Ketika seorang wanita hamil, ia akan mengalami perubahan bentuk tubuh secara drastis yang memang wajar dialami oleh para ibu. Berbagai keluhan pun akan mulai berdatangan. Misalnya saja, mual, muntah, mudah lelah, dan yang paling sering terjadi adalah kaki bengkak.

Ibu hamil akan mengalami kaki bengkak karena pertambahan berat badan secara drastis yang ditopang oleh kakinya yang selama ini biasa menahan berat badan normal. Kaki bengkak saat hamil disebabkan karena tubuh sobat cenderung menahan cairan 30% lebih banyak dari kondisi normal. Selain itu karena pembuluh darah balik pada bagian kaki yang tersumbat oleh pelebaran rahim.

Berikut adalah 8 tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak selama kehamilan :

1. Saat anda tidur usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung anda, posisi seperti ini akan membantu dalam mengatur sirkulasi darah. Sehingga apabila anda tidur, anda dapat menggunakan ganjalan bantal pada kedua kaki untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari kepala dan jantung.

2. Pada kehamilan yang semakin membesar, anda jangan memaksakan untuk berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama apalagi bila anda merasakan pegal. Pegal yang anda rasakan adalah tanda bahwa peredaran darah anda juga otot mengalami kelelahan.

3. Ketika anda tidur sebaiknya posisi badan anda miring ke kiri selain dianjurkan bagi umat muslim, manfaat yang anda dapatkan dengan tidur miring ke kiri adalah pembuluh darah balik ada di bagian kanan tubuh dan membuat tekanan pada tubuh anda berkurang.

4. Apabila anda berenang usahakan untuk berjalan di dasar kolam, daya apung dari kolam akan mengangkat bayi sehingga mampu mengatur peredaran darah secara normal pada ibu hamil.

5. Aturlah jadwal olahraga secara rutin selama kehamilan anda selain dapat membantu anda menjaga kesehatan selama kehamilan. Olahraga yang dilakukan selama kehamilan akan membantu untuk mengatasi keluhan kehamilan dan juga mempersiapkan persalinan terutama latihan pernapasan.

6. Hindari menggunakan sepatu yang mengikat kaki anda atau ukurannya kekecilan karena dengan sepatu yang mengikat kaki akan menghambat peredaran darah anda.

7. Seimbangkan konsumsi menu makan anda terutama makanan yang mengandung garam, konsumsi makanan mengandung garam dalam jumlah yang wajar.

8. Gerakan ringan yang membantu anda mengurangi bengkak bisa anda lakukan, contohnya adalag ketika anda sedang duduk, gerakan pergelangan kaki anda dengan cara ditekuk, gerakan yang melingkar ini akan sangat membantu anda.

Mungkin itulah 8 cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Namun perlu diketahui, bahwa jika kondisi pembengkakan muncul secara tiba-tiba dan parah, maka kemungkinan ini adalah pertanda dari preeklamsia. Preeklamsia ini biasanya diawali dengan gejala atau tanda sakit kepala parah, naiknya berat badan secara cepat, dan penglihatan yang mulai kabur.

Selain itu, pembengkakan dari preeklamsia ini juga terjadi hanya pada satu kaki saja dan biasanya diikuti dengan sakit yang sangat pada paha dan betis. Sehingga jika mendapati kondisi yang seperti ini, maka anda harus segera mendapatkan pengobatan yang tepat dari dokter spesialis terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *