7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet

Diposting pada

Kamus Dokter7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet – Diet merupakan idaman semua wanita terutama yang memiliki kelebihan berat badan. Sehingga satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara diet. Tetapi seringkali orang terkecoh terhadap makanan-makanan yang terlihat bisa menyehatkan namun faktanya bisa menghambat proses diet.

Tantangan dalam diet ini sebenarnya cukup beraat dan diperlukan perhatian dan komitmen yang kuat untuk menjalankan program diet. Selain itu, diperlukan kedisiplinan dan konsistensi yang penuh dengan kesabaran. Karena tidak sedikit orang yang mengalami kejenuhan bahkan putus asa di tengah program diet.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Salah satunya yaitu karena terkadang anda akan dituntut untuk terus mengkonsumsi makanan-makanan itu-itu saja atau tidak sedikit makanan tersebut merupakan makanan dengan rasa hambar akibatnya akan menyulitkan proses diet yang sedang dijalani.

Selain itu juga, tantangan untuk melakukan diet ini cukup beraneka ragam, hal ini biasanya tergantung jenis program diet yang dilaukan. Maka dari itu, anda harus mampu fokus sampai program diet anda berhasil atau hingga berat badan anda turun secara ideal dan secara sehat.

Naaahhh berikut ini adalah 7 makanan yang harus dihindari saat diet…

Pantangan Dalam Diet harus benar-benar anda perhatikan untuk kelancaran program diet anda. Menjalankan diet membutuhkan disiplin diri dan konsistensi. Karena apapun itu teknik diet yang digunakan pasti menimbulkan kebosanan dan kejenuhan di tengah jalan. Karena terkadang harus berhadapan dengan menu diet yang itu-itu saja. Atau rasa hambar pada makanan yang membuat sangat sulit untuk dijalani. Tantangan berdiet sangat beragam tergantung program diet yang dijalankan. Untuk itu harus tetap fokus terhadap tujuan akhir yaitu mencapai berat badan yang ideal dan menjaga kesehatan. Dan memperhatikan beberapa hal yang dapat mengganggu program diet yang sedang dijalankan.

1. Gorengan

Lumpia, pisang goreng, cireng, tahu goreng, ubi goreng dan berbagai macam gorengan lainnya memang memiliki rasa gurih dan bikin ketagihan.

Sangat cocok dijadikan cemilan pengganjal perut. Hampir setiap orang menyukai gorengan, tak peduli orang kaya ataupun miskin. Namun tahukah kamu, ternyata makanan berharga murah meriah ini merupakan faktor pemicu kegemukan.

Terkadang para penjual seringkali menggunakan minyak goreng bekas (minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali) untuk menggoreng jajanannya.

Padahal minyak goreng bekas mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Apabila dikonsumsi terus-menerus, minyak goreng akan mengendap dalam tubuh membentuk lemak trans yang berbahaya.

2. Makanan tinggi karbohidrat atau makanan manis

Tidak ada salahnya untuk menyantap makanan manis, karena bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, jika Anda menyantapnya terlalu banyak, atau memilih jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat sehingga bisa mengganggu kenyamanan tidur. Hindari cemilan yang manis dan berat seperti martabak, dessert, keripik, nasi dengan lauk-pauk bersantan, atau roti. Kunyah saja buah-buahan atau sereal sebagai penggantinya.

3. Fast food (makanan cepat saji)

Fast food atau makanan cepat saji telah menjadi makanan favorit masyarakat era modern. Selain rasanya lezat, penyajiannya juga cepat. Tinggal bayar, maka kita akan memperoleh makanan yang bisa bikin kenyang.

Yang perlu kamu tahu, makanan fast food seperti pizza, hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya termasuk dalam makanan yang mengandung lemak dan kalori sangat besar, dan tidak memiliki nutrisi apapun! Bila dikonsumsi terus-menerus bisa menyebabkan kegemukan.

Selain itu, penelitian Dr. Deborah Legg dari Universty of Texas juga menemukan terdapat lemak-lemak LDL di dalam makanan cepat saji.

Lemak ini akan mematikan sistem syaraf yang merangsang rasa kenyang. Sebagai akibatnya, orang yang mengonsumsi makanan cepat saji cenderung terus menerus merasa lapar. Inilah yang membuat seseorang jadi sering ngemil dan akhirnya memicu obesitas.

4. Daging merah dan protein lainnya

Seperti makanan berlemak, mengonsumsi daging merah pada tengah malam akan membuat pencernaan bekerja sangat keras sehingga Anda akan sulit tidur. Tidak perlu menghindari protein sama sekali, yang pasti konsumsi saja dalam porsi yang secukupnya.

5. Roti tawar putih

Roti tawar putih yang terbuat dari tepung Terigu biasanya mengandung banyak gula tambahan pada proses pembuatan nya. Perpaduan Tepung Terigu dan gula yang tinggi indeks glikemik nya bisa dengan cepat menaikan gula darah anda sehingga anda lebih cepat lapar kembali dan menginginkan konsumsi tambahan porsi lebih banyak berupa karbohidrat atau makanan manis.
Saran kami, ganti roti tawar putih anda yang terbuat dari tepung Terigu menjadi roti gandum atau bahan baku lain yang lebih sehat.

6. Makanan pedas

Rempah-rempah mungkin bisa menjadi obat alami untuk berbagai penyakit, dan punya efek menghangatkan tubuh. Namun, sebaiknya hindari makanan pedas, baik yang dihasilkan oleh cabai atau rempah-rempah lain saat ingin makan pada malam hari. Makanan yang pedas bisa mengusik perut, dan senyawa kimia yang ada di dalamnya bisa merangsang indera Anda sehingga jadi sulit tidur.

7. Es krim

Es krim memang sangat lezat namun kebanyakan tidak cukup sehat untuk anda. Kenapa? Karena es krim mengandung banyak sekali gula dan tinggi kalori dan lemak. Mengkonsumsi sedikit es krim memang diperbolehkan, namun sulit untuk mengkonsumsi es krim dalam jumlah yang sedikit, disini lah letak bahayanya untuk keberlangsungan diet.

Jika anda benar-benar menginginkan es krim, buatlah sendiri menggunakan bahan-bahan yang sehat seperti yogurt rendah lemak dan buah-buahan. Hindari penggunaan gula berlebih agar diet anda tidak sia-sia. Jangan lupa untuk menyajikan porsi yang kecil untuk diri anda sendiri agar anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi es krim.

Mungkin itu saja 7 makanan yang harus dihindari saat diet. Yang paling penting adalah anda harus mampu fokus dalam menjalankan program diet lewat cara yang menyehatkan dan sewajarnya. Serta anda juga tidak berlebihan misalnya dengan melakukan diet secara ekstrim.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menjalankan program diet anda.

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *