10 Makanan Sehat Untuk Penurun Darah Tinggi

10 Makanan Sehat Untuk Penurun Darah Tinggi

Diposting pada

Kamus Dokter – 10 Makanan Sehat Untuk Penurun Darah Tinggi– Darah tinggi atau dikenal dengan istilah Hipertensi adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya timbul secara tiba-tiba.  Penyakit ini akan sulit diketahui jika seseorang tidak mengukur tekanan darahnya. Maka selain rajin melakukan pemeriksaan darah, ada baiknya anda selalu menjaga asupan makanan yang sehat agar tekanan darah anda selalu dalam keadaan normal.

Mungkin kita sering mendengar cerita orang yang tiba-tiba mengalami hipertensi setalah memakan daging kambing. Naaahh untuk itu, sebaiknya anda perlu mengetahui sejumlah makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Lalu jenis makanan apa yang aman tersebut?

Makanan yang aman bagi orang yang sering mengalami kecenderungan hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah makanan yang mengandung magnesium tinggi. Hal ini berfungsi untuk menormalkan kembali tekanan darah anda.

Ketika hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, maka dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Prahipertensi. Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
  • Hipertensi tahap 1. Jika tekanan sistolik Anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
  • Hipertensi tahap 2. Pada saat tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.

Selain itu ada beberapa gejala darah tinggi yang biasa ditemui oleh penderita hipertensi yang paling umum. Hal-hal tersebut antara lain :

  • Kelelahan atau mudah lelah
  • Nyeri pada bagian dada
  • Denyut jantung yang tidak teratur
  • Sakit kepala yang parah
  • Gangguan pada penglihatan

Dari beberapa gejala dan penyebab dari darah tinggi atau hipertensi yang sudah disebutkan secara singkat di atas, ternyata bisa dicegah dan diobati dengan mudah. Salah satunya adalah pola dan jenis makanan yang tepat, seperti sebagai berikut:

1 Buah Melon

Melon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon (173 g) mengandung 484 mg kalium, ini setara dengan 14 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat dan vitamin B6.

2. Susu bebas lemak

Susu bebas lemak merupakan salah satu asupan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Susu bebas lemak mengandung kalsium yang tinggi serta vitamin D. Akan lebih baik jika susu dikonsumsi hangat. Dan jangan lupa untuk memeriksa tidak ada lemak sama sekali, karena kehadiran lemak akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3 Buah Alpukat

Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain mengandung mineral yang dapat menurunkan darah tinggi, buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi karena bayam mengandung kalium yang banyak. Selain bayam, seledri juga bisa menjadi pilihan kita untuk dikonsumsi.

5 Buah Pisang

Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Kadar kalium yang tinggi inilah yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Makanlah 2 buah pisang setiap hari untuk hasil terbaik. Tambahkan satu pisang (ketiga) untuk mencegah penyakit stroke, dan membantu bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga stroke.

6 Buah Wortel

Dalam wortel mengandung kalium dan beta-karoten yang sangat tinggi. Kedua zat tersebut diyakini bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Kebanyakan orang mengubahnya dalam bentuk jus untuk menggampangkan proses konsumsi dan pencernaan.

7 Buah Anggur

Pilihlah buah anggur yang matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Bioflavonoid yang ada dalam anggur tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anggur sebanyak 123 g mengandung 166 mg kalium dan ini memenuhi 5 persen dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.

8 Buah Blueberry

Blueberry mengandung banyak antioksidan di dalamnya, seperti halnya raspberry, dan ini memiliki dampak langsung pada tekanan darah, dengan cara mengalahkan radikal bebas dalam tubuh. Pertibangkan untuk makan semangkuk blueberry segar dicampur dengan buah-buahan lainnya sebagai sarapan yang menyegarkan. Hanya lakukan yang terbaik dalam mengonsumsinya, yaitu tanpa menambahkan gula, atau dengan pencampuran bahan-bahan lainnya.

9 Ikan Salmon

Omega 3 yang terkandung dalam jenis ikan ini sangat membantu dalam proses menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Makan ikan salmon juga bisa mengurangi resiko serangan jangtung dan stroke.

10 Buah Tomat

Menurunkan tekanan darah adalah salah satu dari sekian banyak manfaat mengonsumsi buah tomat. Tomat yang kaya akan lycopene, diketahuo membantui dapat membantu dalam membantu mencegah diabetes, penuaan dini, dan termasuk menurunkan hipertensi. Dalam penyajiannya, akan lebih baik dimakan tanpa banyak pemrosesan, dan tidak dengan bahan-bahan lain seperti keju dan daging berlemak seperti pada pizza.

Mungkin itulah 10 makanan untuk darah tinggi. Adapun makanan yang perlu anda hindari agar terhindar dari tekanan darah tinggi diantaranya garam, makanan kaleng, daging merah, mie instan, makanan berlemah dan lain sebagainya.

Untuk itu, melawan penyakit hipertensi ini adalah hal yang wajib dilakukan bagi semua orang. Karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit yang mematikan. Mengkonsumsi makanan di atas adalah suatu hal yang sangat diharuskan serta hindari makanan yang bisa menimbulkan tekanan darah tinggi, seperti merokok dan meminum alkohol.

Selain itu juga, dengan rajin berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan anda bisa menjaga tekanan darah anda dalam keadaan normal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan semoga anda bisa selalu sehat…

 

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *