10 Makanan Penyubur Agar Anda Cepat Hamil

10 Makanan Penyubur Agar Anda Cepat Hamil

Diposting pada

Kamus Dokter10 Makanan Penyubur Agar Anda Cepat Hamil – Salah satu tujuan dari pernikahan adalah mempunyai anak. Namun terkadang keinginan tidak sejalan dengan kenyataan. Ada sebagian pasangan yang berharap mempunyai anak namun masih belum dikaruniai. Tentu selain berdoa, usaha yang maksimal adalah kuncinya. Lalu usaha apa yang harus dilakukan?

Naahh salah satu jawabannya yaitu mengkonsumsi sejumlah makanan yang sehat. Karena ternyata ada sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kesuburan anda.

Kalau anda saat ini sedang berharap dan berusaha untuk menantikan dan menginginkan kehamilan, maka ada baiknya anda lebih memperhatikan konsumsi makanan yang bernutrisi dan bervitamin yang baik sebagai penunjang kesuburan anda.

Namun sebelum anda memakan makanan yang tidak jelas, alangkah baiknya jika anda mencari lebih dulu sejumlah makanan yang sehat apa saja yang bisa mempercepat kehamilan anda atau meningkatkan kesuburan anda dan pasangan anda. Lalu apa saja makanan itu?

Berikut ini ada 10 jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi bagi pasangan yang sedang dalam program hamil agar bisa cepat hamil:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan ajaib pendongkrak kesuburan. Data penelitian menemukan bahwa wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani, 39% lebih sulit untuk hamil. Sebaliknya, wanita yang banyak mengkonsumsi protein nabati, tidak mengalami kesulitan untuk hamil. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat kaya. Jadi, cobalah menambahkan berbagai jenis kacang-kacangan dalam menu makanan sehari-hari Anda.

2. Tahu

Nutrisi penting tahu: Zat besi. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi sangat beresiko menderita kegagalan ovulasi dan telurnya tidak cukup sehat, sehingga bisa menurunkan peluang kehamilan hingga 60%.

3. Sayuran hijau

Sawi, brokoli, bayam, daun ubi jalar, dan banyak sayuran hijau lainnya kaya folat, dalam aneka studi menunjukkan asupan makanan itu bisa meningkatkan kesuburan wanita.

4. Es krim

Mengonsumsi makanan berasal dari susu, termasuk es krim, rupanya bermanfaat melawan infertilitas. Hindari mengonsumsi susu skim atau low fat, karena tidak bermanfaat meningkatkan kesuburan. Kedua jenis susu ini sudah mengandung lemak, yang sebenarnya bisa membantu menyeimbangkan hormon seks.

5. Roti gandum

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibanding karbohidrat olahan, sehingga sangat membantu untuk menjaga kadar gula darah (dan kadar insulin) tetap stabil.

Apa hubungan hal tersebut dengan kesuburan Anda?

Tingginya kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi. Ketika kadar gula darah seorang wanita tinggi, ia 50% lebih sulit untuk hamil dibanding wanita dengan kadar gula darah yang normal. Kalau Anda sedang dalam program hamil, pilihlah roti berwarna gelap dibanding roti putih. Pilihlah beras merah dibanding beras putih biasa.

6. Pisang

Nutrisi penting pisang: Vitamin B6. Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam pembuahan karena vitamin ini berfungsi mengatur hormon. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan sperma dan sel telur terganggu.

7. Kerang-kerangan

Nutrisi penting kerang: Vitamin B12. Penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan kadar estrogen yang abnormal, yang mana dapat mengganggu implantasi telur ketika dibuahi. Vitamin B12 juga dapat membantu memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur, sehingga mengurangi risiko keguguran.

8. Telur

Nutrisi penting telur: Vitamin D. Sebuah penelitian di Universitas Yale mengukur kadar Vitamin D dari 67 orang wanita yang mandul dan menemukan bahwa hanya 7% dari mereka yang memiliki kadar vitamin D yang normal, sedangkan 93% lainnya menderita kekurangan vitamin D.

9. Kacang Almond

Nutrisi penting kacang almond: Vitamin E. Penelitian menunjukkan vitamin E dapat meningkatkan kesehatan sperma pada pria. Kekurangan vitamin E juga menyebabkan kemandulan pada tikus betina.

10. Buah jeruk

Nutrisi penting buah jeruk: Vitamin C. Sebuah penelitian dimana pria yang tidak subur diberi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari, menemukan bahwa jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar ke arah telur) meningkat.

Mungkin itulah 10 makanan agar cepat hamil. So jika usahamu belum membuahkan hasil, ada baiknya anda mencoba terus untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat di atas yang bisa mempercepat kehamilan anda. Hal ini sebagai salah satu bukti usaha anda agar dikaruniai seorang anak oleh-Nya.

Tidak lupa juga, anda harus selalu berharap dan berdoa agar anda selalu diberikan kesehatan terutama agar anda bisa mewujudkan keinginan anda untuk memiliki buah hati yang diidam-idamkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga anda segera diberikan buah hati yang sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *