10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

10 Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

Diposting pada

Kamus Dokter10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung – Selain di wajah, jerawat juga seringkali muncul di bagian punggung. Tentu hal ini merupakan suatu penyakit yang sangat menyebalkan dan membuat kita kurang nyaman. Apalagi kalau jerawat tersebut merupakan jerawat bau yang bisa mengakibatkan peradangan.

Alasan mengapa jerawat bisa muncul di daerah punggung yaitu karena punggung mempunyai kelenjar minyak sama halnya dengan kulit di wajah. Karena jerawat akan muncul ketika kulit memiliki kelenjar yang mampu mengeluarkan minyak atau folikel. Jika kulit mampu memproduksi minyak secara berlebihan lalu bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati, maka hal ini bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

Punggung juga merupakan bagian tubuh yang sering mengalami kelembapan yang berlebihan. Sehingga keringat yang muncul dari pori-pori semakin diperparah dengan tertutupnya kulit punggung dengan baju yang kita kenakan. Selain itu, bekas jerawat pada bagian punggung juga seringkali susah hilang meskipun kita sudah memakai sejumlah obat jerawat dan lotion apalagi jika didiamkan saja.

Untuk itu, munculnya jerawat di daerah punggung merupakan penyakit yang membuat kita merasa kurang percaya diri dan kurang nyaman. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung itu?

1. Lemon

Selanjutnya ada lemon yang dapat menjadi alternatif Anda untuk mengatasi jerawat di punggung. Buah ini kaya akan asam L-askorbat yang membantu menyingkirkan jerawat dengan cepat. Asam ini membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Plus, sifat antibakterinya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Caranya:

  • Belah lemon menjadi dua bagian.
  • Lalu gosokkan belahan lemon tadi langsung ke daerah yang berjerawat dengan gerakan melingkar. Tunggu sampai 10 menit,
  • kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini satu atau dua kali sehari. Anda juga dapat mencoba cara lainnya yaitu dengan mencampur perasan air lemon dan air mawar (perasan yang dibuat dengan cara menyeduh mahkota bunga mawar ke dalam air) dengan perbandingan 1:1.
  • Oleskan perlahan pada kulit yang berjerawat dengan bola kapas. Tunggu 20 sampai 25 menit,
  • lalu bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali sehari.

2. Kulit jeruk

Mulai sekarang jangan buang kulit jeruk ya. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai scrub alami untuk menghilangkan jerawat punggung. Scrub berguna untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan sisa keringat yang tertimbun di pori. Penggunaan scrub secara teratur bahkan cukup baik untuk mencerahkan kulit kusam.

Cara mengatasi jerawat punggung dengan kulit jeruk:

  • Sediakan kulit jeruk seperlunya saja, kemudian keringkan
  • Rendam kulit jeruk tadi kedalam air hangat, lalu blender sampai halus
  • Setelah halus campurkan dengan susu seperlunya
  • Sekarang oleskan ke bagian punggung yang sudah bersih secara merata. Beri gosokan lembut selama 2 menitan.
  • Biarkan sampai mengering 30-60 menit
  • Akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.

3. Madu

Madu mampu menghidrasi dan menenangkan daerah yang berjerawat. Perannya sebagai agen antibiotik dan antibakteri alami, sekaligus dapat membantu mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine mencatat bahwa madu berpotensi menjadi pengobatan medis untuk infeksi topikal yang disebabkan oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Ingin jerawat di punggung cepat hilang? gunakan madu dengan cara berikut:

  • Oleskan sedikit madu alami secara langsung ke daerah yang berjerawat. Tunggu 10 sampai 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.
  • Anda juga bisa membuatnya menyerupai pasta dengan cara mencampurkan 1 sendok makan madu dengan ½ sendok teh bubuk kayu manis.
  • Oleskan di punggung yang berjerawat.  Tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan sekali sehari.

4. Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E tinggi. Kandungan vitamin ini sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, termasuk salah satunya bisa menghilangkan jerawat punggung secara alami. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawatan.

Cara menghilangkan jerawat punggung dengan tomat:

  • Siapkan tomat yang masih segar seperlunya saja
  • Haluskan dengan memakai blender
  • Oleskan secara merata ke bagian punggung
  • Diamkan sampai mengering dan kaku
  • Bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.

5. Mentimun

Kandungan nutrisi dalam timun hampir sama dengan tomat, ia juga diperkaya dengan vitamin E tinggi. Cuma bedanya timun memiliki kadar air lebih tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan timun:

  • Haluskan timun segar seperlunya berserta kulit dan bijinya
  • Pastikan punggung dalam keadaan bersih
  • Selanjutnya oleskan halusan timun tadi secara merata keseluruh bagian punggung
  • Diamkan sampai mengering dan kaku. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Lidah Buaya

Sepertinya Anda harus merasakan khasiat dari tanaman satu ini untuk membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu di punggung Anda. Ini karena gel alami yang terkandung dalam lidah buaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan dan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di tahun 2008 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology yang menyoroti khasiat dari lidah buaya, seperti anti-inflamasi, antibakteri, antiseptik dan antimikroba. Studi ini juga mengatakan bahwa lidah buaya memiliki efek anti-jerawat. Sebuah studi lain di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatological Treatment juga menyimpulkan bahwa lidah buaya sangat efektif untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat di punggung:

  • Potong daun lidah buaya dan ambil ekstrak gelnya.
  • Oleskan gel murni ini langsung ke daerah yang berjerawat. Lakukan dua kali sehari selama seminggu.
  • Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba dengan mencampurkan 1 sendok makan gel lidah buaya, ½ sendok teh madu alami, dan sedikit bubuk kunyit.
  • Aduk rata hingga mengental membentuk pasta. Oleskan pada area kulit yang berjerawat, biarkan selama 15 sampai 20 menit untuk kemudian bersihkan dengan air. Ulangi sekali sehari.

7. Putih telur

Putih telur mengandung protein hewani dan mineral lengkap yang cukup berkhasiat untuk mengencangkan kulit wajah. Namun selain itu ternyata ia juga diperkaya dengan anti-bakterial yang bisa mengatasi jerawat punggung. Kamu bisa menggunakan putih telur sebagai masker setiap selesai mandi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bagaimana cara membuatnya? Ikuti berikut ini.

  • Siapkan satu buah telur, bisa ayam atau bebek
  • Buang kuning telurnya. Lalu kocok putih telur sampai sedikit mengeluarkan busa
  • Langsung saja oleskan putih telur tersebut secara merata ke bagian punggung yang berjerawat
  • Biarkan selama kurang lebih satu jam agar meresap. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

8. Pastikan Anda langsung mandi setelah berkeringat

Dr. Murad, pendiri Murad Skincare, mengatakan bahwa keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat membangkitkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu ia menyarankan agar langsung mandi setelah berolahraga agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori.

9. Jangan memakai pakaian terlalu ketat

Bagi wanita atur bra agar lebih longgar dan tidak terlalu sempit. Apa pun yang dapat memerangkap panas atau menyebabkan gesekan pada kulit juga dapat memperburuk jerawat.

10. Sama seperti jerawat wajah, janganlah sekali-kali memencet jerawat di punggung

Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan meninggalkan bekas jerawat.

Jika seluruh cara tersebut tidak memiliki pengaruh yang positif untuk menghilangkan jerawat, Anda sangat disarankan untuk bertemu dermatolog untuk penanganan lebih lanjut.

Mungkin itulah 1o cara menghilangkan jerawat di punggung. Perlu diingat, bahwa penyebab jerawat di punggung adalah salah satu bukti bahwa pola kesehatan anda kurang terjaga. Misalnya seperti sering memakai pakaian yang terlalu ketat, atau begadang, merokok, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya anda harus melakukan tips atau cara-cara di atas dengan baik dan teratur serta harus mampu merubah kebiasaan buruk anda. Silahkan anda pilih salah satu cara di atas yang paling mudah anda lakukan dan praktekan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan anda inspirasi untuk mengobati penyakit anda khususnya mengobati jerawat pada bagian punggung.

Selamat mencoba dan semoga anda sehat kembali…

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *