12 Manfaat Buah Pir, Tidak Kalah Dengan Apel

by -26 views
manfaat buah pir

 

Buah pir merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang. Bentuk dan teksturnya yang mirip apel, menjadikan buah ini menjadi favorit, terutama bagi orang yang sedang melakukan diet.

Sejak zaman dahulu, pir sudah menjadi buah favorit bagi kebanyakan orang. Pada zaman kuno, pir merupakan makanan mewah. Pir biasanya menjadi sajian pencuci mulut yang mewah dibandingkan dengan kue dan makanan penutup mewah lainnya.

Hampir mirip dengan apel, pir sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang melakukan diet. Pir sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan seratnya yang tinggi, nutrisi penting, dan mineralnya.

Terdapat beberapa varietas dari pir, seperti Bosc, Bartlett, dan D’anjou. Varietas D’Anjou adalah yang paling populer. Akan tetapi, masih ada sekitar 100 jenis pir yang ada di dunia.

Selain karena rasanya yang lezat dan segar, pir banyak disukai karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat pir bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah:

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Pir secara klinis telah teruji dalam perannya di saluran pencernaan. Penelitian menyebutkan pir mampu membuat proses pencernaan di usus menjadi teratur. Hal ini dikarenakan serat dalam pir dapat menghaluskan dan memadatkan feses secara baik.

Serat dalam pir juga memiliki peran sebagai prebiotic bagi usus. Serat larut dalam kandungan pir memberikan makan kepada bakteri baik di usus. Oleh karena itu, pir juga baik bagi sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi pir dapat mengatasi sembelit. Serat yang terkandung di dalam pir mampu meredakan sembelit. Pektin yang merupakan jenis serat dalam pir berperan besar dalam mengatasi sembelit.

Serat pada kulit pir sangat penting dalam melancarkan siklus buang air besar. Oleh karena itu akan lebih baik apabila mengonsumsi pir beserta kulitnya.

 

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Tanaman pir memiliki senyawa yang membuat pir memiliki berbagai warna. Warna merah kulit pir mengandung antosianin. Senyawa tersebut dapat menurunkan resiko jantung, sedangkan warna hijau pada pir memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini mampu meningkatkan ketajaman penglihatan, terutama bagi orang lanjut usia.

 

  1. Berperan Sebagai Anti Inflamasi

Peradangan kronis pada tubuh manusia dapat memancing resiko penyakit berat, seperti penyakit jantung dan diabetes. Pir sebagai sumber antioksidan flavonoid dapat mengurangi resiko peradangan sehingga menjaga tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Antioksidan flavonoid merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan dalam menyembuhkan penyakit jantung dan diabetes. Sifat anti inflamasi pada flavonoid dalam pir memberikan efek menyembuhkan bagi kedua penyakit kronis tersebut.

Pir juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Pir mengandung vitamin C dan vitamin K yang dapat mengurangi resiko peradangan pada tubuh.

 

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan serat yang tinggi pada pir mampu menekan sel karsinogenik yang menjadi penyebab kanker pada usus besar. Mengonsumsi satu pir sehari dapat juga menekan resiko kanker payudara bagi wanita yang sudah mengalami menopause.

Terdapat senyawa lain yang menjadi zat anti kanker pada pir. Senyawa antosianin dan asam sinamatnya terbukti mampu melawan resiko penyakit kanker.

Rutin mengonsumsi pir juga mampu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker kandung kemih, kanker perut, dan kanker kandung kemih.

Pir adalah buah yang sangat baik dikonsumsi oleh wanita. Flavonoid pada pir dapat melawan kanker yang paling sering merenggut nyawa kebanyakan kaum perempuan, yaitu kanker serviks dan kanker payudara.

Walaupun pir memiliki khasiat sebagai anti kanker. Namun bukan berarti pir dapat menggantikan pengobatan kanker secara medis.

 

  1. Mencegah Osteoporosis

Kekurangan kalsium adalah salah satu penyebab utama dari berbagai gangguan pada tulang. Pada gangguan tulang seperti osteoporosis, selain kurangnya kalsium, tidak seimbangnya pH tubuh juga menjadi penyebab munculnya gangguan osteoporosis.

Pir kaya akan kandungan boron. Boron adalah unsur yang menyerap kalsium, sehingga pir baik untuk tulang. Mengonsumsi pir setiap hari juga mampu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh.

 

  1. Bermanfaat Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Asam folat adalah kandungan penting yang sangat penting bagi ibu hamil. Asam folat penting bagi kesehatan janin dalam kandungan. Asam folat mengurangi resiko bayi terlahir cacat.

Pir merupakan salah satu sumber asam folat. Ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi pir setiap hari.

 

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah dalam tubuh harus dijaga kestabilannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Senyawa glutathione sebagai anti – karsinogen yang terkandung dalam pir mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga membantu senyawa glutathione dalam memaksimalkan kinerjanya.

 

 

 

  1. Mengatasi Sesak Nafas

Saat musim panas tiba, cuaca panas dapat mengganggu sistem pernapasan, terutama bagi anak-anak. Antioksidan pada pir mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Pir juga mampu mendinginkan saluran pernapasan dari panasnya cuaca.

 

  1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Pir memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air dalam pir dapat menghilangkan dahaga dan melegakan tenggorokan. Pir dapat dijadikan jus untuk mengeluarkan semua sari dari dalam pir. Konsumsi pir setiap hari pada musim panas dapat meredakan sakit tenggorokan.

 

  1. Mencegah Kerusakan Kulit

Pir kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Serat membantu kulit menjadi tetap halus dan lembut. Pir dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Hal ini dapat mencegah rusaknya kolagen yang ada di kulit. Terlalu banyak gula dalam aliran darah dapat merusak kolagen dan merusak kulit wajah. Konsumsi pir secara rutin dapat menjadikan kulit, sehat, bersih, halus, dan segar.

 

  1. Menghilangkan Keriput Pada Kulit

Pir kaya akan vitamin k dan vitamin c. Kedua vitamin ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan kulit, terutama dalam mencegah penuaan dini.

Selain itu senyawa tembaga dan antioksidan pad pir dapat membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kulit.  Khasiat pir ini juga membantu mengencangkan kulit dan menghilangkan kerutan halus dekat mata dan area bibir.

 

  1. Menjadikan Kulit Bebas Jerawat

Khasiat lain pir untuk kesehatan kulit adalah menjaga kulit dari gangguan kulit berjerawat. vitamin dan mineral dalam berperan besar dalam mencegah kulit berjerawat. Pir meningkatkan kekebalan pada kulit sehingga mencegah peradangan yang dapat menimbulkan jerawat.

 

Berbagai Kandungan Dalam Pir

Pir hampir sama istimewanya dengan buah apel. Pir kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam satu pir ukuran sedang (178 gram) menyediakan nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 1 gram
  • Kalori: 101 gram
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 6 gram
  • Vitamin K: 6 persen
  • Vitamin C: 12 persen
  • Tembaga: 16 persen
  • Kalium: 4 persen

Pir juga mengandung senyawa folat, niacin. Folat dan niasin membantu meningkatkan fungsi sel dan juga proses produksi energi, sedangkan provitamin A berguna menyembuhkan luka dan menjaga kesehatan kulit.

Buah pir mengandung tembaga dan kalium yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Pir juga kaya akan senyawa antioksidan yang mampu menjaga dari kerusakan oksidatif.

Disarankan untuk mengonsumsi pir satu buah per hari untuk memaksimalkan khasiatnya dalam menjaga kesehatan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.