10 Cara Menaikkan Tekanan Darah Yang Aman

By | April 12, 2021

Cara Menaikkan Tekanan Darah

Apakah kamu pernah mengalami gejala darah rendah? Mau tau cara menaikkan tekanan darah yang aman serta efektif? Simak infonya disini, karena kami akan memaparkannya khusus untuk kalian. Pastikan untuk membaca tulisan ini dari awal hingga akhir ya!

Terkadang masih ada beberapa orang yang menyepelekan tekanan darah rendah atau biasa disebut dengan Hipotensi. Padahal gejala tekanan darah yang timbul jika dibiarkan malah bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala tekanan darah pada kondisi yang parah, bahkan bisa mengancam nyawa.

Taukah kamu jika tekanan darah normal yaitu berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Seseorang akan dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg. Pada kondisi ini biasanya tak selalu memunculkan gejala. Akan tetapi bila ada, gejala yang muncul seperti pusing, mual, lemas, pandangan kabur, dan merasa seperti mau pingsan.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak infonya bersama-sama berdasarkan ulasan di bawah ini yuk!

Cara menaikkan tekanan darah rendah

Ada banyak cara untuk memompa tekanan darah secara alami, diantaranya yakni:

  1. Perbanyak konsumsi cairan

Mungkin tanpa disadari kekurangan cairan tubuh bisa mengakibatkan tekanan darah rendah lho! Dehidrasi yang terjadi akan berakibat meningkatkan volume darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menurun.

 

Bagi mereka yang gemar berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat tentu harus menjaga asupan cairan. Sehingga mengonsumsi cairan yang cukup sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dalam kondisi normal.

 

Usahakan untuk selalu minum air putih setidaknya 2 sampai 3 liter setiap harinya. Bahkan kamu bisa sertakan minum jus jeruk atau air kelapa muda untuk memberikan elektrolit agar tetap menjaga cairan tubuh. Selain itu kamu juga bisa minum jus delima yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

 

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Cara untuk memompa tekanan darah selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dengan cukup dan seimbang. Sebab apabila seseorang kekurangan nutrisi seperti vitamin B-12, asam folat, serta zat besi malah dapat menyebabkan terjadinya anemia.

 

Perlu kamu ketahui jika anemia merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi drop. Jadi kamu juga perlu memilih makanan yang sesuai guna menaikkan kembali tekanan darah.

 

Akan tetapi, jangan sampai tekanan darah naik berlebihan. Mengapa demikian? Sebab tekanan darah yang naik berlebihan justru akan menyebabkan Hipertensi. Adapun makanan yang mengandung vitamin B-12 antara lain seperti sarden, telur, hati ayam, susu, dan daging sapi.

  1. Jangan mengubah posisi tubuh secara tiba-tiba

Apabila kamu sedang mengalami tekanan darah rendah, hal yang perlu kamu ingat yaitu jangan duduk atau berdiri secara tiba-tiba. Karena hal itu malah akan membuat kamu merasa pusing atau bahkan sampai pingsan.

 

Nah, kira-kira bagaimana kondisi tersebut dapat terjadi? Kondisi tersebut dapat terjadi karena ketika tubuh bergerak secara tiba-tiba, maka jantung akan mengalami kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuh, secepat gerakan yang kamu lakukan.

 

  1. Hindari konsumsi alcohol secara berlebihan

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol dan sedang mengalami darah rendah, maka sebaiknya hal itu dihindari terlebih dahulu. Mengapa? Sebab alcohol bisa menyebabkan dehidrasi.

 

Tak hanya itu saja, alcohol juga dapat menimbulkan terjadinya interaksi dengan obat yang sedang kamu minum. Nah, dalam kondisi seperti itu maka akan menyebabkan tekanan darah malah menjadi turun.

 

  1. Mengonsumsi kismis

Apabila tekanan darah kamu sering drop, saran kami sebaiknya kamu membawa kismis ke mana pun kamu pergi. Kira-kira apa tujuannya? Pasalnya kismis juga dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah yang drop.

 

Makanan yang satu ini sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu kismis juga awet disimpan dalam jangka waktu yang lama.

 

Tak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa merendam kismis ke dalam air selama semalaman. Kemudian keesokan harinya kamu bisa meminum air rendaman kismis tersebut.  Dan sebaiknya minum air rendaman kismis saat kondisi perutmu masih kosong ya!

 

  1. Perbanyak mengonsumsi garam

Taukah kamu jika garam atau yang biasa disebut Sodium ini ternyata dapat memompa tekanan darah lho! Akan tetapi kamu juga perlu berhati-hati, jangan sampai mengonsumsi garam secara berlebihan. Mengapa hal itu tak boleh dilakukan?

 

Pasalnya apabila garam dikonsumsi secara berlebihan malah bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik  dan menyebabkan masalah seperti retensi air. Kamu bisa menambahkan garam pada masakan yang diolah sendiri, agar kamu lebih mudah untuk mengontrolnya.

 

Menurut WHO selain diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran, makanan sehari-hari yang kamu konsumsi juga harus mengandung satu sendok teh garam tambahan. Selain itu kamu juga perlu menghindari makan makanan cepat saji serta makanan dalam kemasan yang mengandung kadar garam tinggi.

 

  1. Konsumsi makanan tinggi folat

Perlu kamu ketahui jika penyebab terjadinya anemia yang lain adalah karena kekurangan folat. Jika di dalam tubuh kandungan folat terlalu sedikit, maka akan menyebabkan kelelahan dan tekanan darah rendah.

 

Sehingga untuk mengatasi hal itu kamu harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat. Kira-kira makanan apa saja itu? Makanan yang mengandung tinggi folat antara lain seperti asparagus, jeruk, sayuran hijau, telur, serta kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi folat tersebut diharapkan bisa menaikkan darah rendah.

 

  1. Makan dalam porsi yang kecil

Makan dengan porsi yang kecil selama beberapa kali dalam sehari, ternyata bisa membantu mencegah terjadinya penurunan tekanan darah yang mungkin dapat dialami oleh seseorang setelah ia makan. Jadi apabila kamu dalam sehari makan tiga kali, sebaiknya makan dibagi menjadi lima kali dalam porsi kecil selama sehari.

 

Bagi para lansia, mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar bisa menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah. Mengapa demikian? Karena darah yang mengalir ke saluran pencernaan akan mengakibatkan meningkatnya detak jantung dan hal itu berguna untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah.

 

Sehingga untuk mencegah terjadinya tekanan darah yang terus drop, sebaiknya kamu mengurangi porsi makan serta membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

 

  1. Konsumsi susu almond

Dengan mengonsumsi susu almond secara rutin, merupakan salah satu cara untuk menaikkan tekanan darah secara alami. Di dalam susu almond mengandung lemak sehat seperti contohnya lemak omega 3 yang dapat kamu nikmati dengan sereal ataupun bisa dicampur dengan smoothies.

 

  1. Olahraga secara teratur

Cara terakhir untuk menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh.

 

Tak hanya itu saja, dengan rajin berolahraga maka tubuh kita pun menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. So, mulai sekarang rajinlah berolahraga ya!

Penutup

Demikian cara menaikkan tekanan darah secara aman dan alami yang dapat kamu coba. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah manfaat bagi kalian ya dan sampai jumpa!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.